Home » , , » Alat Musik Toleat dari Kabupaten Subang

Alat Musik Toleat dari Kabupaten Subang

Toleat-Kabupaten Subang
Hallo kawan-kawan blogger, setelah pusing mikir mau apa disaat libur latihan teater akhirnya muncul juga ide untuk posting artikel kembali di Rusiahkuring. Kali ini saya gak bakalan ngulas materi akting tapi kita akan berbicara tentang kekayaan budaya negeri tercinta Indonesia. Apa sebab kita harus tahu kalau negeri kita itu sangat kaya dengan budaya lokalnya? Jawabnya supaya kekayaan itu makin kita kenal dan cintai. Jangan sampai terus-terusan diklaim negera tetangga.
 
Nah, pasti kawan-kawan juga sudah pada tahu kalau dari Sabang sampai Merauke bukan hanya berjajar pulau-pulau, tapi berjibun pula kebudayaan tradisional yang tidak kalah menarik dengan budaya-budaya barat yang banyak diadopsi itu. salah satunya tentang ragamnya alat musik yang lahir dari tanah leluhur ini. Alat musik yang punya nilai historis tinggi sebagai peninggalan para leluhur kita. kali ini kita akan membicarakan salah satu alat musik yang berasal dari kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat. Namanya Toleat, alat musik yang terbuat dari bambu Tamiang.
 
Asal Mula Toleat
Toleat merupakan alat musik tiup yang lahir dari kawasan pantura Kabupaten Subang. Cikal bakal alat musik ini yaitu diilhami oleh empet-empetan (terbuat dari batang padi siap panen) yang sering dibuat oleh anak-anak gembala di kawasan pantura. Sayang sekali empet-empetan ini hanya bisa dibuat pada waktu panen padi saja, karena bahannya memang terbuat dari batang padi matang. Sepertinya anak-anak gembala tidak mau berhenti dalam kreativitasnya, ketika musim tanampun mereka menciptakan kembali alat musik serupa. Bedanya alat musik ini dengan empet-empetan dalam hal bahan, Ole-olean nama alat musik tiup itu terbuat dari pelapah pepaya. Hanya tetap saja tidak bisa bertahan lama. Paling sampai 2 hari alat itu sudah membusuk.

Toleat pertama kali telah dibuat oleh seseorang peternak yang bernama Parman, ia mempunyai keahlian dalam bermain musik terompet.Parman terinspirasi dari bunya empet-empetan dan ole-olean. kedua alat musik tersebut tidak mempunyai lubang nada bunyi sehingga tidaj banyak menghasilkan variasi nada atau istilah sundanya tuh....henteu norotot hanya mengahasilkan bunyi ole-olean.

Perkembangan Toleat
Toleat pada perkembangannya dibuat dari congo awi atau ujung bambu, dan lidahnya terbuat dari kayu pohon berenuk dan dililit dengan rotan sebagai pamaes. pada perkembangan selanjutnya bahan yang dipakai untuk toleat dibuat dari awi tamiang(bambu intuk suling).
Toleat terdiri dari 8 buah lubang bunyi,1 lubang di bagan bawah dan 7 lagi di bagian atas,dengan tangga nada dasar nerlaras salendro . Nada-nada yang dihasilkan oleh Toleat merupakan adaptasi dari musik terompet.

Fungsi dan Penyajian Toleat

A.Kalangenan
Toleat berfungsi sebagai alat musik Kalangenan atau hiburan pribadi pada saat sedang ngangon atau menggembala lainnya.Toleatbiasanya dimainkan oleh gembala yang sedang menuggu ternak.Toleat sebagai alat musik Kalangenan dalam penyajiannya tidak terdapat lagu khusus,tapi hanya mengandalkan keunikan bunyi yang dihasilkan dari alat musik tersebut.

B.Pintonan
Toleat pada awalnya hanya bisa dipertunujukan pada teman-teman pada kegiatan di sekitar lingkungannya. kemudian dikreasikan dengan alat musik yang lainnya seperti Bumbung, Lodong, dan Celempung.Selanjutnya dapat pula disajikan dalam acara hiburan untuk umu dan acara adat masyarakat seperti Khitanan, Perkawinan, dan acara adat lainnya. Sedangkan lagu-lagu yang sering dibawakan yaitu lagu Ketuk tilu antara lain: Sulanjana, Peuyeum Gaplek,Awi Ngarambat, Dll.pada masa perkembangan Toleat hanya berkembang di Subang namun sekarng sudah berkembang di berbagai daerah dan mancanegara.

Itulah sekilas tentang alat musik Toleat yang makin membuat kita bangga menjadi orang Indonesia. Jangan sampai kita terus kehilangan warisan budaya leluhur karena kita sebagai penerusnya tidak bisa menjaga dan melestarikannya. Mulai dari sekarang mari kita jaga dan lestarikan budaya Indonesia! (CK)

4 komentar :

  1. Mau cari buku toleat ada g bos.?

    BalasHapus
  2. Baccarat | FEBCasino
    Baccarat, or baccarat for short, is 바카라 사이트 the art of playing for money. Baccarat is one 바카라 of the most popular games of chance. If you're looking to 인카지노 learn how to play baccarat,

    BalasHapus